Jumat, 02 September 2011

> Musuh Islam Bukan kristen dan Yahudi

Saya bicara bukan atas nama "Agama Islam". Bukan atas nama Alquran. Bukan atas nama hadis. Apalagi atas nama pandangan tradisi Islam. Tapi atas nama Karyonagoro. Atas nama kemanusiaan.

Bagi saya, sejatinya nilai-nilai Islam tidak memihak. Karena Islam bagi saya adalah sekumpulan nilai-nilai. Sekumpulan nilai-nilai Universal. Nilai-nilai moral dasar. Kata hati, nurani, pikiran jernih. Rasa tunduk dan patuh pada Sang Kebenaran. Pada Tuhan. Pada rasa saling mengasihi. Pada rasa saling menghargai. Pada rasa saling tolong menolong. Pada rasa saling berlaku adil. Pada rasa saling membangun kehidupan bersama yang damai dan mencerahkan. Pada rasa damai bagi semesta alam.

Itulah hakikat Islam yang saya pahami. Lain dari itu bagi saya bukanlah Islam. Manusia yang mengingkari nilai-nilai itu, yang menolak apalagi menodai nilai-nilai itu, maka bagi saya itulah musuh Islam. Musuh semua agama. Dan musuh kemanusiaan!