Kamis, 18 Agustus 2011

> Macam Jenis Meditasi

 meditasi yang dapat Anda coba.

A

Memperhatikan nafas.

Dapatkah meditasi semudah memperhatikan napas Anda selama beberapa menit? Tentu saja. Bersantai di posisi apa pun yang terbaik bagi Anda, tutup mata dan

mulai perhatikan pernapasan Anda. Bernapas melalui hidung membuat diafragma Anda mendapat  oksigen hingga ke bagian bawah paru-paru. Ketika pikiran Anda mengembara, cukup kembali fokuskan perhatian Anda pada udara yang masuk dan keluar dari hidung. Lakukan ini selama beberapa menit atau lebih lama ketika Anda sudah mulai terbiasa.

Meditasi pikiran kosong.

Bermeditasi dapat menciptakan semacam "kesadaran tanpa objek," sebuah pengosongan semua pikiran dari kepala Anda. Teknik-teknik untuk melakukan ini adalah duduk diam, sering kali dalam posisi "teratai penuh" atau posisi bersila dan biarkan pikiran hening dengan sendirinya. Mungkin terasa sulit, terutama karena setiap usaha tampaknya hanya membuat pikiran menjadi terlalu banyak.

Meditasi berjalan.

Meditasi ini melibatkan bagian tubuh. Bisa dilakukan di luar ruangan atau hanya dengan bolak-balik mondar-mandir di kamar. Perhatikan gerakan kaki, pernapasan dan tubuh saat berjalan dan perasaan saat kaki Anda menginjak bumi. Ketika pikiran Anda berkelana, terus bawa pikiran kembali ke proses berjalan dan bernapas. Bermeditasi di luar ruangan dengan cara ini mungkin sulit karena adanya gangguan. Jika Anda melakukannya di luar, cari tempat yang tenang dengan permukaan tanah yang datar.

Meditasi dengan kesadaran.

Sebuah praktik Buddha yang disebut vipassana atau meditasi wawasan. Kesadaran adalah seni menjadi, sangat menyadari apa yang ada di sini, sekarang. Anda fokus pada apa yang terjadi di dalam dan di sekitar Anda pada saat ini dan menjadi sadar akan semua pikiran dan perasaan yang mengambil energi Anda dari saat ke saat. Anda dapat mulai dengan mengamati nafas dan kemudian pindahkan perhatian ke pikiran yang ada dalam benak Anda, perasaan dalam tubuh bahkan suara dan pemandangan di sekitar. Kuncinya adalah untuk melihat tanpa menilai atau menganalisis.

Meditasi mantra sederhana.

Banyak orang merasa lebih mudah untuk menjaga pikiran mereka dari mengembara jika mereka berkonsentrasi pada sesuatu yang spesifik. Mantra dapat membantu. Ini adalah kata atau frase yang Anda ulangi saat duduk dalam meditasi dan dipilih untuk Anda oleh guru yang berpengalaman dalam beberapa tradisi. Jika Anda melakukannya sendirian, Anda dapat menggunakan kata atau frase yang bekerja untuk Anda dan dapat memilih untuk mengulanginya dengan suara keras atau di benak Anda saat bermeditasi.

Bermeditasi dengan konsep.

Beberapa praktek meditasi melibatkan kontemplasi ide atau skenario. Contohnya adalah "meditasi pada ketidakkekalan," di mana Anda berfokus pada sifat kekal dari segala sesuatu, dimulai dengan pikiran dan perasaan Anda ketika mereka datang dan pergi. Dalam "meditasi pada mayat" umat Budhha, Anda berpikir tentang tubuh di dalam tanah misalnya perlahan-lahan membusuk dan dimakan oleh cacing. Teknik ini digunakan untuk memandu Anda memahami bahwa rasionalisasi pikiran Anda mungkin tidak nyata.

Ada meditasi-meditasi lain yang dapat Anda coba, seperti "meditasi pada cinta kasih" atau meditasi "objek" dan bahkan bermeditasi menggunakan produk gelombang otak entrainment. Setiap jenis meditasi memiliki kelebihan dan efeknya masing-masing. Oleh karena itu, Anda mungkin menemukan bahwa pada waktu yang berbeda dan untuk tujuan yang berbeda Anda ingin menggunakan beberapa jenis meditasi.

http://kandjengpangerankaryonagoro.blogspot.com/